Oleh: husnun | Agustus 8, 2009

Ustad Yusuf Mansyur

Tahukah Anda tentang mobil Nissan Grand Livina ? Mungkin banyak yang sudah tahu, tapi ada juga yang belum tahu. Yang jelas, harga mobil itu mahal, kalau bekas langsiran tahun 2007 harganya sekitar Rp 150 juta. Tentu saja enak, punya mobil sebagus itu. Maka kalau kita punya mobil seperti itu, pasti sangat senang dan pasti akan disayangi, dipelihara, dijaga jangan sampai hilang dan dipercantik dengan segala macam asesoris.

Bayangkan, bila mobil kesayangan itu kemudian diminta oleh seseorang. Tentu sangat berat bahkan pasti akan menolak permintaan itu dan bila perlu mempertahankan dengan segala daya dan kekuatan. Tapi itu tidak terjadi pada sepasang suami istri yang hadir dalam acara pengajian Ustad Yusuf Mansyur di Hotel Regent, Senin 3 Agustus 2009 lalu.

Usai memaparkan tentang manfaat sedekah, Ustad Yusuf Mansyur menantang para hadirin, siapa yang mau menyumbangkan hartanya untuk pembangunan pesantren penghafal Al Quran yang akan dibangun di Malang. Tak lupa Ustad Yusuf membaca ayat yang menyebutkan tidak disebut perbuatan baik sebelum menginfakkan sesuatu yang dicintainya di jalan Allah.

Ustad Yusuf bertanya, siapa diantara hadirin yang memiliki mobil ? Banyak yang angkat tangan. Ketika ditanya lagi diantara hadirin yang punya mobil dengan BPKB-nya ? Tidak banyak yang angkat. Maklum, banyak yang punya mobil hasil kreditan, atau punya mobil tapi BPKB-nya ’’disekolahkan’’ entah di mana. ’’Apakah ada yang bersedia untuk menginfakkan mobilnya untuk kepentingan jalan Allah,’’ tanya ustad muda berwajah imut itu.

Diantara sedikit orang yang memiliki mobil lengkap dengan BPKB itu, ada seorang wanita berjilbab yang angkat tangan siap menginfakkan hartanya. Maksud Ustad Mansyur, tidak semua mobilnya. Wanita itu kemudian menunjuk suaminya yang duduk di depan untuk maju ke depan memenuhi panggilan Ustad Mansyur. Di hadapan ustad muda itu, pria berbaju takwa itu siap menginfakkan Nissan Grand Livina untuk pesantren yang akan dibangun di Malang.

Mendengar itu, bulu kuduk saya berdiri, merinding. Ustad Mansyur pun mengucap subhanallah. Keheranan tidak berhenti sampai di situ, dari tempat duduknya di bagian belakang, sang istri berdiri sambil mengatakan, dia punya tanah seluas 800 meter yang siap disumbangkan untuk pesantren. Keharuan pun menyeruak di hall hotel tersebut. Luar biasa, baru sekali ini saya bertemu orang yang begitu loman dalam bersedekah. Dengan modal mobil dan tanah 800 meter itulah pesantren penghafal Al Quran akan segera dibangun di Malang.

Ustad Mansyur mash terus ’’memprovokasi’’ hadirin, siapa yang mau mengikuti jejak suami istri tersebut. Beberapa perempuan maju ke depan sambil melepas perhiasannya, cincin, gelang dan sejenisnya. Seorang ibu bahkan sudah menyiapkan tas kecil berisi beberapa perhiasan yang langsung diserahkan. Sedangkan yang lain diminta menulis nama, nomor telepon dan nominal rupiah yang akan disumbangkan.

Tausiyah Ustad Yusuf ternyata mampu menggerakkan hati hadirin untuk memenuhi panggilan Allah menyedekahkan hartanya untuk kepentingan Allah. Sepertinya mereka tidak sayang dengan apa yang mereka miliki, karena mereka yakin dengan balasan yang akan diberikan Allah. Balasan itu bisa spontan di dunia dan yang pasti di akhirat nanti. Itulah bagian dari iman kepada yang ghaib, sesuatu yang tidak bisa digagas dengan akal, tapi nyata dan pasti akan terjadi. Jadi, tak perlu dipikir, apakah sedekah dan infak kita akan dibalas atau tidak. Pasti.

Tidak ada dalam sejarah umat manusia, orang menjadi fakir hanya karena sedekah. Yang terjadi justru sebaliknya, hartanya semakin bertambah, hidupnya semakin tenang,bahagia dan keluarga tentram. Tidak percaya ? Coba saja. Tapi saya masih menyimpan satu penyesalan, saat mencatatkan nama, saya hanya menuliskan angka satu dengan enam nol di belakangnya.

Responses

  1. alhamdulillah, masih banyak jiwa-jiwa dengan sedekahnya

  2. dahsyat tenan pak! :)

  3. saya juga dateng ke acara itu, pak.. Dan emang bener, waktu itu merinding banget, bahkan sampe nangis.

  4. Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Jiwa yang Tenang

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  5. saya tertarik dengan ceramah Ustad Yusuf Mansyur, tapi saya belum puas karna belum ketemu langsung. bisa dikirim alamat email nya ga?

    • Ustad Yusuf Mansyur bisa ditemui di Facebooknya

  6. saya juga butuh hal yang sama dengan mbak anie.. saya ingin ikut taklim beliau jadi bisa denger secara langsung.. saya cari2 via google gak ketemu2 jadwal ceramah Ustad Yusuf Mansur itu dimana aja dan kapan

    • Sama Mas Jamal, bisa diakses di Facebook beliau, banyak tulisan dan ceramah (video) beliau

  7. setelah menbaca artikel diatas rasanya ingin menangis, marilah kita berlomba – lomba bersedekah dengan keikhlasan hati

  8. Assalaamu’alaikum

    Mudahan Allah swt memudahkan urusan sesiapa sahaja yang menginfakkan hartanya pada jalan Allah walau hanya sedikit apatah lagi yang banyak. Amiin… mudahan kita bersama untuk meninggikan syiar Islam dan menebarkan betapa cantiknya akhlak insaniah yang dibina melalui kecintaan kepada Allah swt dan Rasul-Nya.

  9. subhanallah, msh ada orang2 sebaik beliau, mudah2an beliau2 hanya mengharap ridha Allah semata, amin……….

  10. Insya Allah semua menjadi berkah, Alhamdulillah masih banyak yang ingat tentang makna sedekah.
    Saya yakin dengan bismillah dan keyakinan bahwa itu bisa membuat orang hidup lebih baik apa yang kita sedekahkan mendapat ridho Allah.
    Terima kasih keapda Ustad Yusuf Mansyur yang Insya Allah mengingatkan kita arti sedekah dalam kehidupan…. wass – JOE

  11. saya tahu ustadz mansur dr salah satu minimarket yg sedang nyetel ceramahnya beliau. Dlm ceramahnya beliau bilang Allah itu maha mampu menciptakan langit dan bumi, menghidupkan yg matI. Menciptakan manusia. Apalagi hanya untuk mengangkat derajat manusia. itu sangat ga ada artinya alias sangat mudah. Dan ceramahnya itu tlh membuka mata hati sy. Bahwa sy ini mahluk lemah yg membutuhkan tenaga luar biasa untuk bs membantu keluar dr semua permasalahan hidup yg saya alami. Dan sampai skrg sya lbh percaya diri bahwa sy manusia lemah tetapi mempunyai penolong yg maha penolong. Allah swt. Terima kasih ustadz lewat ustadz saya bertambah yakin bahwa ditengah kesulitan yg saya alami ada Allah yg SIAP SEDIA membantu saya.

  12. Saya udh lama pengen ketemu ustad yusuf mansur, jika Allah Menghendaki Yusuf mansur Yang ketemu Saya, atau sebaliknya… Amin

  13. tolong donk klo bleh tau alamat email ust.yusuf mansur?

  14. saya ingiiiiiiiiiiiinnnnnnnn sekali bertemu ustad yusuf mansur,saya dapet kerja karena menerapkan semu yang ustad sampaikan,,

  15. aslm….
    boleh tw alamt ustdz mansyur, email atw numph yg bsa d hubgi…

    sodara sya pgen bgt ktemu bliau. dtg jauh” dr kalimantan.
    tlg d blz yua….

  16. Betul..betul..betul…
    Buat pembaca lain..kagak ada ruginya mencoba..dan kalau sudah terbukti komentar balik di sini…he..he..

  17. Asslamu alaikum..
    bolehkah saya tahu email Ust Yusuf Mansur?

  18. Alhamdulillah,kami sudah mencoba apa yg di ajarkan ustadz mansyur dan terbukti BENAR..!@..ALLOH tidak akan mengINGKARi atas sesuatu yg telah di janjikanNYA.amien ya ROBBAL ‘alamiin

  19. Subhanallah…semoga ALLAH Swt memanjangkan Umur Ustdad Yusuf Mansyur…sy pribadi sangat ingin bertemu dgn Ustad..insya allah.

  20. subhanalloh…mohon doanya semua moga ana juga bisa berbuat sedekah kayak yg lain…mohon doanya…

  21. ​ ‎​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ​​
    Salam kenal para sahabat.klo boleh saya tau bgm carax agar saya bisa dpt jadwal2 ceramahx ustad yusuf mansyur?saya ingin sekali bisa mendengarkan scr langsung saat beliau berceramah.jika tdk keberatan para sahabatku sekirax sy mohon utk dpt memberikan infox.​​انشـــــاء الله sangat bermanfaat utk kita semua.trm ksh & wassalam.

  22. alhamdulillah,,,,
    sya mndapat banyak crita dari tausiyah ustad yusuf shingga sya pngen sekali ikut dalam acara yang diadakan ustad agar saya bisa mndngar langsung tausiyah dari ustad.

  23. ASSALAMUALAIKUM PA’USTAD SAYA SEBAGAI PENGGAGUM BERAT USTAD,SAYA PENGEN CEPET BERUMAH TNGGA,DENGAN SEDEKAH,ITU GIMANA P’USTAD,WSLAM.

  24. allahuakbar’di aceh akan kah ustad yusuf mampu’by ustad ali imran aceh

  25. Kalau saya pengin tanya jawab secara langsung gimana caranya?

  26. Saya suka acaranya pak ustad d ANTV tapi coba masuk ke alamat webnya kok susah ya?

  27. saya jg mau dong alamat Emailnya Ustad yusuf Mansyur?

  28. sengan bersedekah harta yang disedekahkan tidak akan hilang malah ditambah-tambah

  29. minta email ustad?

  30. minta almat email ustad?

  31. assalamualaikum pak ustad,kami warga sodong tigaraksa tangerang ingin mengadakan maulid nabi muhammad saw.saya mau ngundang pak ustad untuk mengisi acara di mesjid kami dibulan maret.bisa gak.

  32. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Alhamdulillah semoga islam jaya dengan umat yang istiqomah, pak ustaz saya pimpinan anak asuh muawwanah di kampar kiri hilir kabupaten kampar riau yang terdiri dari anak yatim miskin dan anak terlantar, mohon bantuan ustaz apakah secara moril metril lebih lagi jika ustaz dapat mengorbankan waktu untuk memberikan tauziah ditempat kami.
    dan mohon banget no hp atau email ustaz syukran

  33. Assallammualaikum Wr Wb

    Saya wanita : Wahyu Indrayani bin H. Bambang Wahono lajang kepala 3 adik saya : Mariyanti Rahayu juga kepala 3,kisah dimulai dari ibu saya 2 bersaudara : adiknya pria,telah menikah dengan perempuan: Nia bin Prawiro ( anaknya orang pintar),singkat kata ibu saya tidak menyetujui hubungan mereka karena ada tambahan factor x yang telah kelihatan mata perempuan itu ‘genit’ pada setiap pria,

    Usut punya usut ternyata perempuan itu mendekati adik ibu saya karena pamrih,ujung-ujung diketahui ternyata masalah harta (matre)

    Setelah ditelusuri jejaknya perempuan itu anaknya ‘orang pintar’,singkat kata berebut warisan.

    Dia selalu merongrong ortu saya agar segera serahkan harta yang terhitung ‘warisan’,ternyata baru saya ketahui,ortu tertutup jatah ortu saya tidak dapat seperpun,

    Dia pun mengemis kepada ortu.

    Ternyata keluarga ortu saya ‘diamati dan dikerjai’,karena yang kami rasa aura rumah kami tidak nyaman,kini saya dan adik Alhamdulillah telah bekerja meski baru diumur sekian,dan hidup saya dan adik saya tidak normal bukan hanya jodoh belum datang tapi terkesan perempuan itu yang kendalikan hidup kami,yang kasihan ortu mendambakan putri2 hidup bahagia,kini beliau (kedua ortu diserang penyakit orthopedy yang mana harus segera dioperasi,berhubung secara financial kami belum mampu serta mengingat usia ortu kami yang cukup riskan).

    Memang ada rencana tahun ini insyaAllah kami akan umroh

    Minta doanya ustad dan pencerahannya

    Terimakasih

    Wass.Wr.Wb

  34. Assalamu’alaikum wr wb,
    nama : H. Sardjiyanto
    bila ada waktu luang kami memanfaatkan untuk mendengarkan ceramah ustad H. Yusuf Masyur, alhamdulillah membuat kami menjadi tenang dan mengerti, dari mana ceramah tersebut kami dapat, dounload firefok google, semoga apa yang dilakukan oleh bapak ustad haji yusuf mansyur, tercatat oleh malaikat menjadikan amal ilmu kepada masyarakat umum luas, yang tiada henti, semoga pahala yang mengalir terus menerus tiada amin,

  35. mantap ni om, suwun infone om :D

  36. This really is the 4th blog post, of your website I actually went through.
    Although I really enjoy this specific one, “Ustad Yusuf Mansyur Caknun Arema”
    the very best. All the best ,Minnie

  37. Gimana Cak Nun, cerita kelanjutan-nya. Semoga ada sambungan kisahnya.


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

