Oleh: husnun | Januari 21, 2008

AREMA BATAL MUNDUR, SERI LAWAN PERSIWA

Arema akhirnya mencabut ancamannya mundur dari babak Delapan Besar Liga Indonesia. Kemarin (21/1), Arema tampil dalam pertandingan lanjutan di Stadion Gelora Deltas Sidoarjo. Sebelumnya, Arema mengancam akan mundur jika sanksi untuk Arema, Aremania dan Alexander Pulalo tidak dicabut.

Dalam sidang komisi banding kemarin sore, tak satupun sanksi itu dicabut. Alex, tetap mendapat sanksi larangan dua kali pertandingan plus denda Rp 25 juta, Arema didenda Rp 25 juta dan Aremania tetap disanksi larangan tiga tahun tidak boleh menyaksikan pertandingan sepak bola.

Hanya beberapa menit sebelum kick off laga lanjutan Persiwa versus Arema dimulai, Manajer Arema, Satrija Budi Wibawa, menyampaikan sikap Arema tersebut. Sebelumnya, seluruh ofisial dan pemain plus tim pelatih, menggelar pertemuan tertutup di ruang ganti pemain di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

SBW, panggilan akrab Satrija, dalam pertemuan itu terlihat beberapa kali menitikkan air mata. Pemain hanya bisa terdiam dan lainnya, tertunduk. Sayang, pembicaraan yang terjadi di dalam, tidak bisa terdengar.

Hanya saja, Arema sepertinya harus benar-benar harus mengambil keputusan yang sangat berat, sebelum melanjutkan pertandingan. ‘’Semua itu karena Aremania,’’ kata SBW dalam penjelasannya.

SBW lantas bercerita, selama tiga hari tiga malam, pasca-keputusan mundur itu dibuat, dia menerima ribuan sms dan telepon dari Aremania. Mereka menyatakan sangat menyadari, mengerti dan memahami sikap dan keputusan manajemen untuk mundur. Apalagi keputusan itu merupakan bentuk solidaritas dengan belahan jiwa Arema, yaitu Aremania.

‘’Kami, manajemen Arema, merasa Aremania adalah jiwa Arema. Aremania adalah roh Arema, Aremania adalah semangat dan spirit Arema. Aremania tidak sekadar atribut yang terpasang di badan mereka. Tapi di dalam hati mereka. Arema dan Aremania, adalah satu kesatuan dalam satu jiwa. Dalam satu roh dan dalam satu spirit,’’ tandasnya.

HARUSNYA MENANG 4-2

Dalam petandingan lanjutan itu, Emile Bertrand Mbamba, striker asal Kamerun, benar-benar menjadi pahlawan Arema. Betapa tidak, dua gol yang dibuat ke gawang Persiwa, menyelamatkan Arema dari kekalahan.

Gol yang dibuat menit 80 ke gawang yang dikawal Charles Woof dari luar kotak penalti itu dicetak di partai lanjutan di Gelora Delta Sidoarjo.

Padahal, Arema hanya punya waktu 19 menit untuk melanjutkan pertandingan, plus membalikkan keadaan. Tapi semangat juang tinggi yang ditunjukkan anak asuh Joko Susilo ini, membuat Arema tampil habis-habisan.

Partai lanjutan di Gelora Delta Sidoarjo itu sendiri, merupakan lanjutan pertandingan babak delapan besar Ligina XIII, yang sebelumnya berlangsung di Stadion Brawijaya Kediri, Rabu (16/1) malam lalu. Ketika itu, pertandingan dihentikan pada menit 71 setelah terjadi kerusuhan.

Pertandingan itu dipimpin oleh Yesayas Leihitu. Sebelumnya, Jajat Sudrajat yang memimpin dan meninggalkan kontroversial. Tiga gol Arema dianulir wasit asal Cianjur Jabar ini.

Dalam pertandingan lanjutan itu, Arema benar-benar tampil agresif. Bahkan menit 74, atau tiga menit setelah kick off, Mbamba lolos dari jebakan offside dan berhasil melewati kiper Charles Woof yang menyongsong ke depan.

Namun Tarikh Chaqui menjadi pahlawan Persiwa karena di saat krusial mampu menghalau tendangan Mbamba dari garis gawang, sedangkan gawang sudah kosong.
Mbamba membayar kegagalan tersebut enam menit kemudian. Dari luar kotak penalti, menerima umpan Pato Morales, ia melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihentikan Charles dan bola bersarang di pojok kanan gawang Persiwa.
Gol tersebut menjadikan skor berubah menjadi 2-2. Tiga gol pertama lahir di Kediri, yakni lewat Mariano Oscar menit 30, Peter Rumaropen (65) dan Mbamba (66). Arema bahkan nyaris keluar sebagai pemenang kalau saja Akbar Rasyid tidak membuang kesempatan emas yang sudah berada di depan mata.
Di menit 89 ia menerima umpan silang datar dari Mbamba di kotak penalti, tapi sontekannya dari mulut gawang masih bisa diblok seorang bek Persiwa, walaupun kiper Charles sudah terperdaya.


Responses

  1. Mas, kok lama gak di update

  2. Ya, terima kasih. saya akan terus up date, setiap kali ada perkembangan baru, terutama soal arema.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: