Oleh: husnun | September 11, 2008

Acara Ramadan Terbaik di Metro TV

Semua stasiun TV memanfaatkan momen Ramadan untuk meraup pemirsa sebanyak-banyaknya. Tak ayal kalau mereka berlomba untuk membuat program yang mampu menarik minat pemirsa. Tapi kebanyakan stasiun TV membuat program Ramadan dengan hiburan yang penuh tawa canda. Hampir semua stasiun TV membuat acara komedi dengan melibatkan pelawak dan artis cantik. Tentu saja acaranya melenceng dari tujuan semula sebagai acara menyambut Ramadan. Bukan acara meningkatkan ketaqwaan, tapi justru sebaliknya.

Meskipun demikian, masih ada stasiun TV yang menampikan program Ramadan yang serius dan kental nuasa Islaminya. Kalau boleh disebut, Metro TV merupakan stasiun TV yang menampilkan program Ramadan paling baik. Diantaranya, acara pada petang hari menjelang puasa, Salat Khusu’ yang diasuh ustad Abu Sangkan dengan pembawa acara Sahnaz Haq. Sedangkan menjelang sahur ada acara Tafsir Almisbah yang diasuh Profesor Quraisy Shihab dengan presenter Astri Ivo. Pekan pertama Ramadan acara ini diasuh Innek Koesherawati.

Acara Salat Khusu’ cukup bagus untuk melatih bagaimana salat yang baik agar tujuan salat bisa tercapai. Dengan penyampaian yang jelas dan bahasa yang sederhana, acara ini sangat menyentuh. Ustad Abu Sangkan memperagakan bagaimana cara salat yang baik dan khusu’. Dalam tahap tertentu, acara ini mampu meneteskan air mata pemirsanya.

Profesor Quraisy Shihab memukau dengan penjelasan tentang ayat-ayat Al Quran yang ditafsirkannya. Selain terkait dengan sejarah masa lalu, Profesor Quraisy Shihab dengan gamblang mengaitkan kondisi kekinian yang terkait ayat-ayat Al Quran. Masih ada lagi beberapa acara lain yang cukup menarik, diantaranya masalah yang terkait dengan ekonomi syariah dan sebagainya.


Responses

  1. Saya setuju sekali pak.. tapi kalo untuk teman makan sahur, kayaknya kurang santai.. saat sahur pinginnya nonton yang seger-seger… kayak PPT..

  2. Saya sempet ngeliat acara yang diasuh Abu Sangkan, sayang ndak bisa tiap hari ngeliatnya…
    oke banget, contoh bagaimana takbiratul ikram, ruku’, sujud, dll diperagakan langsung.

    (bukunya juga punya, tapi belum khusyu2 juga salatnya, hiks😦 )

    oia, pliz come to my blog yaa….(APALAGI KALO MO HAPE MURAH…)

  3. pak nun kayak ayah saya, sukanya nonton acara quraisy shihab.
    kalo sudah kayak gitu, mesti rebutan sama anak-anaknya. soale anak-anaknya kepingin nonton acara yang lain.
    tapi pada akhirnya si anak ini suka kalah. karena acaranya prof quraisy emang bener-bener bermanfaat dibanding yang lainnya.
    hehehe….

  4. Terima kasih Nda, sekali lagi saya diingatkan kalau saya sudah tua, sudah sepantaran dengan ayahmu. Salam hormat saya untuk beliau dan semua keluarga

  5. benar mas….saya rindu dengan acara-acara penuh nuansa religius khususnya selama ramadhan di tiap saluran tv……namun yang terjadi lebih menampilkan pesan-pesan entertainment…….pengelola lebih mengedepankan acara seperti itu untuk meraih rating puncak….. plus pemasukan dari iklan tentunya……

  6. betul kalau di siarkan pas sahur kurang tepat mending jam 10 an malam sambil istirahat siap siap tidur mendengarkan kajian siapa tahu waktu tidur bisa mimpi belajar sama beliau
    amien

  7. alhamdullilah saya bersama saudara, sempat merekam acara ensiklopedia islam bersama ustd abu sangkan di metro tv selama ramadhan kemarin, silakan anda berkunjung ke blog saya di shalatkhusyu.wordpress.com

    nuwun wass


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: