Oleh: husnun | Februari 2, 2009

IBSN : Sadaqah Langsung Dibalas

Saya merasa beruntung, karena rumah saya lokasinya tak jauh dari panti asuhan. Entah mengapa, pagi itu saya kok ingin pergi panti asuhan KH Mas Mansyur di Jalan Sulfat. Panti asuhan ini sedang membangun ruangan baru untuk menampung anak yatim piatu yang jumlahnya semakin banyak. Selain itu, tengah direncanakan membangun lagi yang lokasinya di depan lokasi yang sekarang.

Sambil mengayuh sepeda, saya pergi ke panti asuhan dan langsung ketemu Pak Ismail Ridlo yang setia mengurusi panti tersebut. Suasana panti agak sepi, maklum mayoritas penghuninya pergi sekolah. Setelah ngobrol ngalor ngidul, saya pamit sambil menyerahkan sedikit uang untuk kegiatan panti. ‘’Mudah-mudahan sadaqhnya diterima Allah dan diberi ganti yang lebih banyak dan barakah,’’ katanya sambil menyalami saya. ‘’Amin,’’ kata saya.

Saya harus segera pulang untuk mengantar istri saya ke kampus. Kesibukan lain, menyiapkan makalah untuk seminar Prospek Ekonomi dan Bisnis Jatim 2009 di kampus UMM. Ada Dahlan Iskan, CEO Jawa Pos, Kresnayana Yahya, dari ITS Surabaya dan beberapa pembicara lain. Saya didapuk bicara soal prospek bisnis UKM. Kalau yang lain bicara ekonomi dengan skala jutaan dolar atau miliaran rupiah, saya cukup bicara yang kecil-kecil saja.

Sehari berikutnya, saya benar-benar jadi budak kesibukan, sampai-sampai melupakan kunjungan saya ke panti asuhan sehari sebelumnya. Selain kesibukan yang padat, hari itu saya benar-benar diingatkan oleh Allah, bahwa setiap sadaqah yang dikeluarkan pasti akan dibalas. Kita tidak tahu waktunya ; bisa langsung saat itu, esoknya, lusa, tahun depan atau kapan. Yang pasti akan dibalas.

Balasan Allah atas sadaqah saya langsung diberikan sehari sesudahnya. Dari seminar itu, saya dapat honor yang hmm…cukup besar, jumlahnya dua kali lipat sadaqah saya ke panti asuhan. Sebelumnya, Bu Ndaru dari jurusan Bahasa Indonesia UMM menyerahkan amplop untuk honor pembimbing mahasiswa PKL Jurnalistik. Masih ada lagi, honor mengajar bulan Januari harus segera diambil. Staf di D3 Bahasa Inggris Unmer sudah menyiapkan HR mengajar dan ujian.

Subhanallah, Walhamdulillah, Lailaha illallah, Allahu Akbar. Akhir bulan ketika uang di dompet menipis, Allah memberi saya rezeki melimpah. Saya yakin, semua itu adalah balasan dari Allah atas sadaqah saya.


Responses

  1. Alhamdulillah, akhirnya terbalas dengan yang lebih besar. Semakin Qt beramal dengan ikhlas pasti akan dibalas Nya.
    Semoga amal ibadah Cak Nun bertambah.

    -Amin..terima kasih. Saya mohon ampun pada Allah atas kelemahan saya

  2. setuju pak….
    uang tidak akan habis ketika disodaqohkan tapi malah bertambah dan bertambah

    – Ya, itulah tabungan kita yang sesungguhnya

  3. Sepertinya kemarin saya sudah comment di judul ini…kok tidak ada ya boss…menunggu moderasi ya ?🙂 sukses terus dech….🙂

    -Nggak ada tuh….ya terima kasih sudah mampir

  4. Pakde Pak Heru pengin lele lagi😀

    -Oyi, lele periode ini sebenarnya sudah siap, tapi tunggu beberapa hari lagi biar agak besaran. Ayo, siapa mau ikut ?

  5. Alhamdulillah Pak… pengen ikut seperti Bapak….

    -Saya berlindung kepada Allah supaya tidak ujub

  6. Alhamdulillah pak…
    semoga sy bs spt bapak🙂

    -Mudah-mudahan Allah meluaskan rezeqi kita

  7. selain itu, sadaqah juga menolak bala, iya kan pak?!😉


Tinggalkan Balasan

Kategori

