Oleh: husnun | Februari 10, 2009

Mimpi Besar, Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Entah mimpi apa, Ketua PSSI Nurdin Halid tiba-tiba saja melontarkan niat mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Lo, kok bisa ? Apa tidak terlalu tinggi mimpinya. Kenapa ngotot menjadi tuan rumah Piala Dunia ? Kenapa tidak meningkatkan prestasi dulu agar bisa bertanding di Piala Dunia. Atau Cuma sekedar mencari jalan pintas agar bisa bertanding pentas sepak bola terbesar di dunia itu, karena tuan rumah pasti lolos.

Dalam peringkat yang dibuat FIFA, Indonesia berada pada urutan 144. Peringkat itu menunjukkan jeleknya prestasi Indonesia di pentas internasional. Jangankan dalam pertandingan Piala Dunia, di tingkat Asean saja prestasi Indonesia terseok-seok, masih kalah dengan Singapura, Vietnam dan Thailand. Apalagi di level Asia, kita masih terseok-seok.

Untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Indonesia harus bersaing dengan Australia, Belanda dan Belgia, Inggris, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Qatar, Rusia, Spanyol, Portugal dan Amerika Serikat. Negara-negara yang menjadi pesaing Indonesia memiliki prestasi yang jauh lebih baik dari Indonesia. Peringkat FIFA-nya pun jauh lebih bagus. Apa bisa Indonesia bersaing dengan negara-negara tersebut berebut tuan rumah Piala Dunia ?

Lantas apa andalan Indonesia untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Ya, tidak ada, ya kepingin saja. Prestasi bukan jadi syarat suatu negara untuk menjadi tuan rumah, tapi kesiapan kepanitiaan dan infrastrukturnya. FIFA mensyaratkan harus punya 12 Stadion dengan kapasitas tempat duduk minimal 40 ribu penonton untuk babak penyisihan dan 80 ribu tempat duduk untuk final dan pembukaan.

Saat ini baru ada tiga Stadion yang layak untuk itu, yakni Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Jakabaring Palembang dan Stadion Palaran di Samarinda. Sementara Stadion lain akan dibangun di Surabaya, Pekanbaru, Bandung, Bogor, Surabaya, Makassar, Medan, Yogyakarta dan Gianyar Bali.

Sebenarnya yang lebih mendesak justru membenahi prestasi sepak bola kita. Untuk itu, PSSI harus segera dibenahi, sebab sulit prestasi lahir dari sebuah organisasi yang semrawut. Mungkin, PSSI satu-satunya organisasi sepak bola di dunia yang dua pengurusnya dipenjara karena korupsi. Nurdin Halid baru saja keluar dari penjara karena korupsi, sedangkan bendahara PSSI Hamka Yandhu baru saja masuk penjara karena korupsi juga. Hebat, kan ?


Responses

  1. Semoga jadi kenyataan….
    *obsesimodeon*

  2. *berusahaposotifthinking*
    agak sulit memang bagi bangsa ini untuk bergerak maju. organisasi sebesar PSSI dipimpin oleh narapidana. apakah karena memang tidak ada barack obama sebagai tokoh perubahan di Indonesia ini.

  3. semoga… semoga…semoga indonesia bs menjadi tuan rumah piala dunia tahun 2022..selama indonesia ga kisruh, rusuh dan pisuh-memisuh kalo lg kompetisi bola hehehe…

    -Ati-ati jangan ngisruh di lapangan bola, bisa ditangkap Pak Kapolda, kayak di Solo

  4. koyok cebol nggayuh lintang ae cak … cak ….

    -Lintange tambah suwe tambah adoh…

  5. iy0w, kmaren liat dialognya di tipi2 kelir,,
    asin se7 ma caknun..😀
    mending memperbaiki prestasinya dulu..

    -Oyi, ayas se7. Pretasi akan muncul melalui kompetisi. La kalau kompetisinya amburadul…mana ada prestasi

  6. kira-kira kemungkinannya besar ato kecil pakde?

    **
    tp paragrap terakhir itu lho kok pengurus PSSI pada kena korupsi seh?

    menyedihkan😦

    -Peluange licek paklik, soale saingan karo negoro sing lebih bagus. Sing penting sekarang membenahi internal PSSI dan meningkatkan prestasi

  7. kita liat aja pak. Tp probabilitasnya kecil sptnya.

    Emang skrg, pd ingin serba instan. Kesabaran dah gak bernilai. Padahal sabar itu berbuah manis khan.🙂

    seket ping loro…
    Cepek deh :mrgreen:

    -Jadi kontestan Piala Dunia dulu, baru jadi penyelenggara Piala Dunia

  8. Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia Pak…haduhhhh bahaya Pakk… ntar rumah saya bisa-bisa disewa sama Dapid Bekam….

  9. Kalo disewa kan bisa2 saya yang repot… dimintain tandatangan para tetangga…hi..hi..hi…

  10. Pak kok minta kirimin nama,alamat, TTL dsb buat apa nggih Pak…
    Nanti saya ge er lho Pak… opo mau dijodohkan sama anaknya *gubraksssss*…. he..he..he… ngacir dulu Pakkkk….nuwun sewuuuuuuu………..

    -Lo, kok belum kirim identitasnya, nanti kedahuluan yang laen lo

  11. Pak kalo pake TTL nanti ketauan tuanya wee Pak…. ihikzzz…. o o sudah ketauan yah….

    -He..he..he ternyata ada quatrick juga di blog saya

  12. angkat tangan kalo soal bola😀
    kalo soal ilustrasi monggo hehe

  13. aduh,,, (lek pitri) temen2 ini kok nyepam disini :!

  14. Malaysia walaupun belum resmi tetapi berencana untuk mencoba menjadi tuan rumah olimpiade 2020 berbekal kesuksesannya menyelenggarakan Commonwealth Games 1998 lalu.

    Hayoh, mana nanti yang berhasil, Indonesia, Malaysia, keduanya atau kedua2nya gagal??

  15. “Bangsa besar punya ide yang besar”. saya yakin ide pencalonan ini akan jd motivasi bagi rakyat Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar, bangsa yang tidak diremehkan negara lain. saran saya kepada Anda yang membaca komentar ini untuk sepakat mendukung ide tersebut dan melakukan upaya2 yg bs mewujudkan impian bangsa Indonesia (semampu Anda). HIDUP INDOESIA !!

  16. dapat wangsit dari kunjara kali tuh orang …ayak ayak wae…kasdelu….”mimpin pssi aja kagak becuz.
    mau nyikat minyak goreng lagi ya nur…

  17. Bisa lah! Kemarin aja persibo vs korea selatan 4-3


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: