Oleh: husnun | Oktober 5, 2009

Hamil Sungsang, Lahir tanpa Operasi

Apa yang Anda rasakan ketika dokter memvonis, posisi anak dalam kandungan istri Anda tidak normal (sungsang) ? Kaget, tentu saja. Kaget dan bingung, itulah yang dirasakan oleh seorang suami ketika mendengar penjelasan dari dokter kandungan mengenai posisi anak keduanya yang masih berada dalam kandungan sang istri. Yang dibayangkan adalah keselamatan jabang bayi dalam kandungan. Untuk menyelamatkan bayi agar bisa keluar dengan selamat, biasanya dilakukan dengan operasi caesar. Tindakan ini lazim diambil para dokter manakala menjumpai kasus seperti ini.
Pria tersebut – yang bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta – sudah membayangkan harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk biaya persalinan anak keduanya itu. Gajinya sebagai pegawai rendahan tentu sulit menjangkau biaya operasi tersebut. Dia sudah menyiapkan tabungan untuk biaya persalinan itu, tapi persalinan yang normal, bukan operasi caesar. Maka perhitungan pun meleset dari prediksi semula.
Ditengah kegalauan itu, dia tidak tahu ke mana harus mencari biaya tambahan untuk biaya operasi. Tapi, sebagai orang yang taat beribadah, dia mengadukan masalah ini kepada Allah, dzat yang maha mengetahui, yang menerima semua pengaduan hambaNya. Setiap pagi sebelum berangkat kerja, dia selalu sempatkan 2 x 2 rakaat salat duha. Kalau tidak di rumah, salat sunnah penghapus dosa dan pembuka rezeki itu dia lakukan di tempatnya bekerja.
Setelah vonis dokter, dia berusaha menghibur istrinya untuk tetap tabah dan bersama-sama berdoa pada Allah. ’’Yuk, tiap pagi salat Duha, nyuwun pada Gusti Allah, mudah-mudahan kita diberi jalan yang baik,’’katanya pada istrinya. Sang istri pun patuh pada ajakan suaminya, bahkan bukan hanya salat Duha, tapi juga salat tahajjud di sepertiga malam. Keduanya khusuk minta kepada Allah agar kelahiran anaknya ini lancar. Suami istri itu sama sekali tidak bisa membayangkan beratnya menanggung biaya untuk operasi caesar. Hanya kepada Allah keduanya mohon pertolongan.
Suatu malam, sang istri terbangun dan mengeluh perutnya sakit, pertanda jabang bayi mau nongol ke dunia. Sang suami dengan sigap mengambil sepeda motor dan siap mengantar istrinya ke klinik bersalin. Di tengah malam buta, suami istri itu mengendarai sepeda motor Suzuki RC tahun 90-an. Tanpa di duga oleh keduanya, di jalan yang sepi, tiba-tiba muncul dua ekor anjing galak. Dua anjing itu mengejar motor Suzuki yang jalannya sudah tidak normal tersebut.
Sang istri sangat panik, karena anjing-anjing itu sudah mendekati kakinya. Wanita itu berusaha menghindar dengan mengangkat kakinya tinggi-tinggi, sambil menggerak-gerakkan kaki mengusir anjing. Suaminya tak kalah panik, motor pun oleng ke kiri dan kanan, tapi untung keduanya tidak sampai jatuh. Adegan mendebarkan itu pun usai bersamaan dengan menghilangnya anjing di kegelapan malam.
Sesampai di klinik bersalin, sang istri langsung diperiksa oleh dokter kandungan, karena sudah saatnya melahirkan. Betapa terkejutnya dokter itu, karena posisi bayi dalam kandungan itu ternyata normal – tidak sungsang lagi. Padahal, beberapa waktu sebelumnya dia memastikan bahwa kelahiran bayi itu harus dengan operasi. Dengan posisi itu, bayi bisa lahir dengan normal, tanpa operasi. Berita gembira itu disampaikan kepada suami istri tersebut yang sebelumnya sempat dilanda ketegangan – habis dikejar anjing dan memikirkan biaya operasi. Keduanya bersyukur, karena anak keduanya bisa lahir dengan normal. Tak lama kemudian, suara tangis bayi menyeruak di keheningan pagi. ’’Alhamdulillah, anakku telah lahir dengan normal,’’ gumamnya.
Dia ingat-ingat, apa yang menyebabkan perubahan posisi jabang bayi dalam kandungan yang tidak lagi sungsang. Mungkin Allah menurunkan jalan melalui anjing yang mengejarnya. Dalam keadaan panik, istrinya bergerak-gerak menghindari terkaman anjing. Bisa jadi, saat i

Iklan

Responses

  1. ibu hamil memang harus sering2 mendekatkan diri pada Allah salah satunya sering2 lah shalat dan bersujud, sehingga lahir tidak sungsang (baca: di permudah Allah swt.)

    *semoga istri saya dapat melahirkan dengan lancar2 saja..*

    • Mendekatkan diri pada Allah dengan memperbanyak ibadah dan menghilangkan maksiat akan menjadikan urusan mudah…jazakallah

  2. pernah saya mendapatkan wejangan dari para orang tua, memperbanyak sujud di sepertiga malam bisa membantu posisi bayi yang sungsang menjadi normal, tentunya seperti kata Mas Orido karena dipermudah oleh Allah.

  3. menurutku hamil sungsang kok keren banget yah pak.. heheh..

  4. tak ada yang tak mungkin…..

  5. Semoga cerita ini mengispirasi bagi keluarga kami. Kondisi istri sek hamil 8 bln dan ketika diperiksakan posisi bayi sungsang. Semoga kami bisa melewatinya dengan aman. Minta do’a kawan2 agar dipermudahkan dalam kelahiran.

  6. ya benar….perbanyak sujud insya alloh bayi posisinya normal…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: